Ada Apa dengan Putri Sambo? Mengapa Pelit Bicara?

Foto: jogjonews

Hai bestie,

Siapa disini yang tidak melek sosial media? Ah rasanya tidak ada ya. Minimal baca informasi melalui facebook. Nah aku semenjak jadi ibu rumahtangga alias tidak bekerja lagi, jadi keranjingan buka sosmed. Facebook, instagram, twitter dan tentunya tv. Dulu lagi kerja kantor, kalaupun ada sedikit waktu sudah malas bawaannya baca berita. Apalagi kalau beritanya berat kita diajak berpikir. Ha…ha…ha bawaannya sudah mager. Paling kalau nonton tv lihat gossip. Seru aja, walaupun beritanya itu settingan.

Nah, sekarang berita yang viral, headline dimana-mana adalah berita Brigadir J, Ferdy Sambo, Putri Sambo dan Brada E. Judulnya macam-macam. Diawal pemberitaan 8 Juli 2022 diberitakan terjadi tembak menembak di rumah petinggi Polri dikawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Disebutkan Brigadir Josua yang sering disebut brigadir J meninggal dunia setelah baku tembak dengan Brada Eliezer atau brada E. Usut punya usut ternyata kematian brigadir J karena ulahnya sendiri melakukan hal senonoh pada Putri Candrawathi yang notabene adalah istri dari Ferdy Sambo.

Apa jabatan keduanya?

Foto: Tribun News / Sambo dengan ajudan

Mereka sama-sama ajudan dalam keluarga Sambo. Bahkan Joshua memiliki 2 posisi selain ajudan yang sudah dipercaya juga dianggap sudah seperti anak sendiri. Mengutip perkataan pengacara keluarga alm. Josua yaitu Kamaruddin Simanjutak mengatakan. “Ibu Putri pernah mengatakan meminta pada ibunya Josua (Rosti Simanjutak) di Jambi menjadikan Josua sebagai anak angkatnya.”.

Diungkapkan Kamaruddin juga bahwa Rosti senang dengan ibu Putri yang baik perhatian pada keluarga Joshua di Jambi. Pernah ibu Putri memberikan bantuan uang 10 juta, bahkan adiknya Joshua saat ulangtahun dirayakan mewah. Itu karena kebaikan ibu Putri. Rasa simpati ibu Putri karena Josua sopan dan baik. Tidak saja Ibu Putri yang bersimpati Sambopun sama.

Foto: Tribun News

Nah, ketika berita yang tersebar Joshua melakukan hal yang tidak senonoh dan ibu Putri berteriak sehingga brada E yang berada dibawah langsung naik ke lantai 2, tempat ibu Putri beristirahat. Dengan tujuan membela dan menyelamatkan istri atasannya maka brada E menembak brigadir J. Sampai terjadi tembak-tembakan yang akhirnya J pun meninggal.

Pertanyaanku….

Saat menonton berita ini pertamakali, apa iya selancang itu J melakukan pada istri atasan yang sudah dianggap ibunya? Apalagi yang aku tahu seorang ajudan itu sangat hormat pada atasan termasuk istri atasannya. Kan cari mati dan nekad kalau dia melakukan itu.

Cari mati menjadi pembenaran, J akhirnya meninggal. Sampai akhirnya jenazah J dipulangkan ke Jambi tempat orangtuanya. Nah, disini babak baru. Ketika ada seorang berpangkat melarang membuka peti mati J. Dalam hati ibunya J dan tantenya J ada apa ini?

Foto: Detik.com

Diam-diam mereka membuka peti J. Tercenganglah mereka, diluar dugaan. Kematian yang tidak layak, sejumlah luka ditemui. Banyak sayatan, kuku yang copot dan tungkai kaki yang seperti patah. Pertanyaan mereka mengapa tembak menembak ada sayatan, kuku lepas? bukannya tembak cukup yang terluka hanya dada/ kepala saja?

Singkat cerita akhirnya ayah J yaitu Samuel Hutabarat membuat laporan ke kantor polisi setempat. Dan Kamaruddin Simanjutak bersedia mendampingi sebagai pengacara. Disini hebatnya Kamaruddin. Dia sangat yakin bahwa Joshua tidak mungkin itu dengan ibu Putri. Sampai akhirnya Sambo di bawa ke Mako Brimob Kelapa Dua.

Gemassss…

Ya aku gemes banget, sepertinya bukan aku saja semua rakyat Indonesia gemess dengan kelakukan Sambo apalagi ketika Sambo berbicara di depan pers,

“Saya menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Brigadir Yoshua. Semoga keluarga diberikan kekuatan. Namun semua itu terlepas dari apa yang telah dilakukan Yoshua kepada istri dan keluarga saya.

Selanjutnya saya harapkan kepada seluruh pihak-pihak dan masyarakat untuk terus bersabar dan tidak memberikan asumsi, persepsi, simpang siurnya peristiwa di rumah saya.”

Masyarakat yang menonton sengaja digiring agar berasumsi bahwa brigadir J memang salah dan wajar menerima itu semua.

Sampai akhirnya….

Anak muda, brada E, merasa sesak dihatinya. Ada rasa bersalah yang sangat dalam atas kematian Joshua. Didampingi pengacaranya Deolipa Yumara menuliskan kronogis semua berita yang sesungguhnya. Yang intinya dia melakukan hal itu atas suruhan Sambo. Jujur, aku salud dengan keberanian E yang pasang badan untuk menyatakan semua kebenaran. Walaupun kemungkinan resiko itu ada dengan berkata jujur, mungkin saja keluarganya di Manado akan di teror.

Spekulasi di masyarakat bahkan beritanya luas tersebar bahwa motif pembunuhan karena Sambo ada WIL (Wanita Idaman Lain). Katanya Ibu Putri pernah curhat ke Joshua mengapa bapak jarang pulang, Joshua diminta cari tahu. Akhirnya tidak tega setelah tahu Joshua memberitahukan. Terjadilah pertengkaran hebat. Belum lagi bisnis ilegal Sambo. Ada 3 rahasia Sambo yang diketahui Joshua.

Baca juga: Ketika Cinta Berpaling,Tetap Cintai Dirimu

Memang belum ada penjelasan yang nyata. Ini baru dugaan, walaupun sepertinya ada kesamaan perkataan Mahfud, MD yang menyatakan, Hanya untuk orang dewasa ketika ditanyakan motifnya dengan informasi yang berseliweran.

Sampai akhirnya….

Putri hadir berbicara singkat di depan awak media ketika dia mengunjungi suaminya. Bahwa dia tulus mencintai suaminya dan minta kekuatan menghadapi masalah yang menerpanya.

“Saya mohon doa, biar kami sekeluarga dapat menjalani masa yang sulit ini, dan saya ikhlas memaafkan segala perbuatan yang kami dan keluarga alami,”

Baca juga: Selingkuh Itu Indah Katanya (?)

Menurut pakar ekpresi Poppy Amalya yang hadir di talkshow di Perempuan Bicara ANTV bahwa Putri dari matanya, terlihat tidak fokus dan ada kesedihan mendalam. Ada juga rasa sakit, takut dan malu.

Baca juga: Waspada! Wanita Mudah Alami Depresi

Pendapat Dennise…

Aku yang menyaksikan ini ketika Ibu Putri hadir lebih pada tekanan jiwa, depresi. Mengutip tulisan my bestie Dian Restu Agustina di tulisannya yang berjudul Mengenal Gangguan Kesehatan Mental yaitu setress dibagi menjadi 2 Eustress dan Distress:ย stres yang bersifat negatif dan membuat kita merasa tidak berdaya dan bisa berdampak pada kesehatan fisik dan mental. Nah untuk istri Ferdi Sambo adalah mengalami distress.

Ini hanya pendapatku saja,

Ibu Putri seorang wanita terhormat yang baik dan mengabdi pada suaminya. Rumahtangganya tidak mau hancur. Mental beliau belum siap untuk berbicara di depan umum. Apalagi suaminya sudah ditetapkan sebagai tersangka dalang pembunuhan setelah pengakuan brada E.

Hanya Tuhan dan Ibu Putri yang tahu cerita sebenarnya. Sebagai penonton aku mau bilang, “Bu lepaskan semua uneg-uneg yang ada dihatimu. Kalau ibu tidak salah, jangan takut! Tuhan akan menyertaimu”

Kita tunggu saja sampai kesudahannya. Apakah Ibu Putri bertahan dengan diamnya atau akhirnya mau berbicara jujur. (D/s)

113 thoughts on “Ada Apa dengan Putri Sambo? Mengapa Pelit Bicara?”

  1. ada bocoran baru Mbak Dennise

    di Magelang, supir keluarga melihat Yosua di dekat ibu PC

    dan beberapa hari kemudian, setelah Fs pulang ke Jakarta, Yosua ada di kamar PC

    si supir (namanya kalo gak salah KM) melapor ke FS

    FS marah, dan terjadilah peristiwa pembunuhan tsb

    Reply
  2. Aku gak ngikutin bener-bener peristiwa ini di sosmed, sekilas tau aja, malah menikmati alur cerita tulisan dari mbak Denise nih, runut dan enak dibaca seperti novel bersambung, bikin deg-degan dan gemes, tapi ini adalah peristiwa nyata

    Reply
  3. Ya ampun, Kaaak.. Aku baca detailnya baru di sini. Sumprit aku tuh males ngikutin. Rasa-rasa kabar datang dan pergi dengan cepat. Isu ini dan isu itu berkelebatan. Cape akutuuuu.

    Tapi ya lumayanlah, akhirnya baca runutannya di sini.

    Reply
  4. Ngikut sekilas karena ramai banget.
    Semoga kasusnya dapat diselesaikan.
    Masyarakat yang mengikuti tidak bertanya-tanya, yang merasa jadi korban juga mendapat keadilan.

    Reply
  5. sebagai ibu sy turut prihatian atas kejadian ini. Kalau baca pernyataan Big. Sambo, sgt benar kalau kejaidian ini mencederai kehormatan rekan-rekannya. jadi pikir2 kedepannya buat mengarahkan profesi anak. Sebab ini juga perkara iman seseorang ya, noted banget deh

    Reply
  6. Saya juga mengikuti kasus ini Kak Dennise. Awal-awal sudah merasa aneh. Kok bisa ajudan bertahun-tahun setia dan sudah dianggap keluarga melakukan pelecehan seksual kepada induk semangnya, istri dari atasannya. Dilakukan di rumah lagi. Bener bunuh diri itu namanya. Apalagi di angkatan atau kepolisian dengan hirarki, attitude dan tata kesopanan yang sangat terjaga.

    Kebohongan Sambo yang kemudian terbongkar satu persatu, akhirnya menyingkap fakta yang pelan-pelan mulai terangkat. Saya salut sama Ibu Putri yang sudah fasihnya membangun drama, berpura-pura shock bahkan menangis tersedu di hadapan awak media. Bahkan membuat laporan palsu. Menurut saya, tindakan Ibu Putri ini patut juga dipidanakan karena sudah merusak nama baik Joshua.

    Ah panjang banget kalau mau diobrolkan ya Kak. Apalagi untuk saya yang besar di lingkungan angkatan dan tahu apa dan bagaimana ajudan itu.

    Reply
  7. Daku gak mengikuti kasus berita itu.
    Hanya memang berseliweran di temlen medsos.
    Harapan daku, semoga pengusutan tuntas dilakukan dan dapat dilakukan seadil-adilnya

    Reply
  8. Melihat berita ini dan setelah mengikutinya, rasanya memang terlalu dini jika menyimpulkan ini dan itu. Proses masih panjang, dan banyak pihak yg terkait. Cuma penasaran sama tuntutan jaksa dan putusan hakim nanti

    Reply
  9. Asli pas berita awal tuh agak-agak gimana ya, sulit dipercaya. Masa senekad itu, ternyata emang beneran gak ada pelecehan ya. Aku nungguin bu Putri speak up yang sebenarnya lho. Soalnya yang bingungin kenapa harus sampai ditembak gitu lho

    Reply
  10. Tapi sayang, semenjak ada kasus Alfamart, kasus ini kayaknya agak diabaikan, padahal kalau benar-benar dikawal netizen sampai akhir, pasti bakal nemu motif-motif baru.. btw tiap baca berita baru dari kasus ini, saya berasa lagi nonton film crime..

    Reply
  11. Banyak hal yang saya tidak tahu mengenai kasus ini, baru saya ketahui dari artikel ini. Saya termasuk yang tidak mau kepo lebih dalam, cukup tahu ada kasus pembunuhan polisi oleh atasannya. Takut terikut berkomentar berdasarkan prasangka.. but indeed, time will tell us the truth in the future..
    Intinya, apapun kejahatannya, jangan main hakim sendiri, dan bagi kita netizen, jangan mudah berkomentar, karena hanya Tuhan yang tahu fakta sebenarnya.

    Reply
  12. Saya pribadi cukup ngikuti juga sih kak. Dari sisi terdakwa yang seorang aparat, awalnya skeptis sama kasus ini karena ya melibatkan petinggi aparat kepolisian. Tapi saya merasa aparat yang menangangi ini cukup bagus (entah karena dapat atensi presiden atau memang kinerjanya aparat sudah membaik). Setidaknya misteri kematian Brigadir J mulai terungkap dan mendapat keadilan. Save for justice! ๐Ÿ‘

    Reply
  13. Udah kayak drakor mbak. Tapi versi dunia nyata. Serem juga sih.. Kalau menurutku kayaknya bukan soal perselingkuhan aja.. Tp ada hal lain yg lebih besar juga yg melatarbelakangi. Gila aja kan main tembak kayak gt.. Belum lagi anggota lain juga kayak nutup2in. Pasti ada hal lain jg yg mereka tutupi. Smg segera terbongkar kebenarannya.

    Reply
  14. Jujur ga ngikutin banget tentang kasus ini. Selain karena di tv pun setiap saat ditayangkan, dan hanya mendengar cerita dari ibu saya saja. Tapi memang kasus ini seram banget sih. Banyak hal yang melatarbelakangi nya. Gokil sih.. semoga segera solve kasusnya dan kebongkar semua kebenaran yang ditutupinya

    Reply
  15. Drama keluarga Sambo ini seru banget, kalah deh telenovela Mexico hehe. Aku mengikuti berita ini di berbagai channel televisi. Sepertinya Ibu Putri harus mengatakan sejujur2nya tentang kronologis kejadian yang dialami. Semakin ditutup2i semakin merasa bersalah dia, jadi hidupnya tidak fokus.

    Reply
  16. Uww berta yang lagi hits banget ini ya mbak, beneran lho kayak kasus di drama Korea hahaha. Bukan hanya pihak berawajib aja yang nunggu bu Putri bicara tapi seluruh rakyak Indonesia menantikan. Semoga kasusnya segera terungkap

    Reply
  17. Kalo berharap ibu Putri jujur kok aku skeptis ya. Terutama karena yang meminta dia bungkam pasti suaminya. Bisa kena gugat cerai nih kalo sampai dia terbuka menuturkan kisah sebenarnya.

    Aku ngikutin tapi gak semuanya, dan sekadar aja sih. Takutnya jadi esmosi, hahahaa

    Reply
  18. Wakakak, dari awal saya emang ada feeling gak beres nih. Ternyata wow banget. Kemungkinan ada skandal besar di belakangnya. Saya lagi nunggu orang yang berani bikin film yang diilhami kisah ini.

    Reply
  19. Sya membaca berita ini sebelumnya lewat sosmed secara sekilas, namun berita ini menjadi sangat meluas dan kembali membuka segala konspirasi yg ada di tubuh instansi Polri..

    Masyarakat menjadi sinis ketika melihat polisi didepan mereka karena seringnya kejadian2 yg justru menyeret para anggota kepolisian dg berbagai persepsi

    Reply
  20. Saya termasuk yang gak mengikuti kisah yang lagi viral ini. Tapi karena selalu lewat di sosmed, lama kelamaan jadi faham sedikit demi sedikit kisahnya. Tapi ya ujung ujungnya emang gak ada yang tau percis kebenarannya selain mereka dan Tuhan

    Reply
  21. Pas lihat barisan para jenderal di TV pas upacara 17-an di istana, saya terlintas mikir Pak Sambo dan Bu Putri. Coba tidak ada kejadian itu, mungkin 17an ini mereka ikut upacara dan ramah tamah plus tertawa2 ala pejabat.

    Tapi begitulah…kita sbg awam masih dibiarkan menelan berita yang liar kemana-mana. Kalau orang biasa, motif orangtua (maksudnya level lebih daripada orang dewasa hehehe) pun dibeberkan kok ๐Ÿ˜€ . Gemessss…

    Yang sekarang kan kasihan anak-anak keluarga Sambo ini. Jadi kena bully dan doxing juga..bisa dibilang mereka kena getah dari perbuatan orangtuanya.

    Reply
  22. wah ternyata ada blogger yang membahas tentang kasus panas ini. Berharap segera selesai dan keadilan bisa ditegakkan. Miris melihat penegak hukum yang mesti tersandung kasus hukum

    Reply
  23. Berita ini sudah simpang siur ya Dennise, banyaaak opini dibangun di seputar kematian Brigadir J

    Yang jelas berita terbaru :

    1. Bu Putri sudah minta maaf dan mengakui bahwa dia berbohong pada publik. Dan yang tampil di TV waktu itu juga bukan dia ternyata tapi pengacaranya bu Putri ditutup masker (gubrak)

    2. Fakta bahwa ada uang senilai 200 Miliar tunai di basement rumah Ferdi Sambo, diduga kuat hasil setoran dan perputaran judi online

    Mendoakan dengan setulus hati pada Tuhan agar membuka aib yang diperbuat FS dan atasan serta teman-temannya atas kekejaman yang mereka perbuat.

    Reply
  24. Ada skenario besar di balik kematian Brigadir Jo. Semoga kebenaran cepat terkuak, keluarga Brigadir Jo diberikan ketabahan dan yang melakukan kesalahan mendapatkan balasannya.

    Reply
  25. Kak Dennise, kok hari ini ada berita terbaru lagi bahwa Ibu Putri jadi tersangka yaa..?
    Aku sedih, sejujurnya hanya mengetahui berita ini dari bacaan media yang mungkin sekali tergiring kepentingan tertentu.
    Semoga dengan pengungkapan yang benar, kita bisa menghukum yang salah dan memberikan pengobatan pasca kejadian yang pasti bikin trauma seumur hidup.

    Reply
  26. Jadi, sebenernya drama2 itu terinspirasi dari kisah2 nyata kayak begini. Aq paling suka sich ngikutinntv series criminal, tapiii yaa g nyangka aja beneran ada yang sedrama ini pada Kenyataannya. Semoga Brigadir Joshua mendapatkan keadilan, Aamiinnn

    Reply
  27. saya terbiasa nonton movie/series detektif, crime, investigasi, jadi ada kejadian nyata begini termasuk yang bisa mengikuti ceritanya. Hitung-hitung jadi belajar hukum.
    Saya pikir beliau pelit bicara, karena faktor ini : takut salah bicara, takut merusak citra yang selama ini dibangun, terakhir ada kemungkinan terlibat. Kalau sekarang sih sudah ada berita terbaru tentang beliau. Semoga dengan kasus ini, tubuh polri dapat lebih bersih, dan fungsinya sebagai pengayom dapat benar-benar dijalankan.

    Reply
  28. Pas muncul berita terjadi tindakan pelecehan juga aku ngga percaya sih> aku ngawal banget drama Sambo ini dari awal juga. Sampe pengacara Deolipa yang diganti dan minta 15T hihi.
    Yihaaaa akhirnya PC sekarang jadi tersangka kan?

    Reply
  29. Sejujurnya, aku gak mengikuti kasus Sambo ini meski beritanya berseliweran dimana-mana.

    Tapi, sejak ada dugaan terkini yang terkuak bahwa Sambo diduga LGBT. Kasus jadi makin terbelalak.

    Semoga segera ada titik solusi untuk pengungkapan semua motif kejahatan ini.

    Reply
  30. ini ceritanya makin mirip drakor. jadi pusing sendiri, belibet dan menyeret banyak tersangka baru. bahkan sekarang kabarnya bu putri juga jadi tersangka? Piye tho.

    Reply
  31. kalo liat foto bu Putri bisa seakrab itu sama brigadir J kok rasanya ga habis pikir bisa sampe kejadian pembunuhan yg sejeki ini ya mbak. tapi ya gitu deh dari pertama udah kliatan rekayasanya banget. dari awal penasaran sampe sekarag bosan dan merasa jadi kaya sinetron yang plotnya ga mutu

    Reply
  32. Dugaanmu sama persis sama suamiku, Kak. Dia juga bilang. Nekad banget ajudan ngegoda istri atasannya. Trus kalaupun dia yg digoda putri tetep aja yg namanya ajudan ga akan berani. Ternyata ada motif lain ya, kak.. Motif batik apa kembang2.. Hehehe

    Reply
  33. Aku bingung mengikuti drama ini sebenarnya
    Semoga Tuhan berikan jalan kebenaran yang sebenar-benarnya agar orang tua yang anaknya harus wafat mendapatkan ketenangan

    Reply
  34. Saya tidak begitu mengikuti berita tentang kasus ini mbak Dennise, jadi tahu ternyata kronologisnya begitu yaa. semoga kasus ajudan dan keluarga atasannya ini menunjukkan titik terang dan pelaku dihukum dengan hukuman setimpal

    Reply
  35. ini memang kasus yang luar biasa banget ya, mbak sampai menyeret banyak anggota kepolisian dan merembet ke hal-hal lain jadinya. semoga saja nantinya kebenaran bisa terkuak dan hukum bisa diberlakukan sebagaimana mestinya ya, mbak

    Reply
  36. Iya betul. Udah ketahuan sebenarnya motif nya. Cuma mrmang tidak diumumkan ke publik karena katanya menjaga perasaan keduabelah pihak.

    Tapi ketimbang mikirin pengusutan yang dilakukan polri, aku lebih setuju kata netizen, “emang yang bxxuh itu gak takut digentayangin arwah nya Brigadir Jโ€ฆโ€ฆ?”

    Reply

Leave a Comment