Anak Broken Home Bisa Sukses,Why Not?

Foto: Instagram Lesty Kejora

Hai bestie,

Siapa disini yang aktif di sosial media seperti tiktok ataupun instagram? Aku jujurly, hadir sebagai pembaca alias jarang buat content. Terkadang lebih asik melihat dan membaca content orang lain daripada buat sendiri. He…he…he….sering mentok di ide.

Nah, berita yang sekarang lagi viral menurutku disepanjang September- Oktober 2022 jika mau diurutkan ada 3. Yang pertama isu perselingkuhan rumahtangga Reza Arap yang baru saja menikah dengan Wendy Walters. Jujurly, aku tidak mengenal siapa itu Reza Arap. Maklumlah beda generasi. Doski usianya beti dengan ponakan saya Ricky, 35 tahun. Karena timeline ini banyak beredar di tiktok dan instagram, jadilah si Dennise kepohin siapa itu Reza Arap.

Foto: Liputan 6 SCTV

Ooo…ternyata doski banyak prestasinya. Pria keturunan Tionghoa ini seorang pengusaha, discjokey, penyanyi, youtuber dan konten kreator. Baru deh aku melek. Nah, berdasarkan penelusuran yang aku cari ternyata Reza ini punya bakat selingkuh (hah???) dari keluarganya. Jadi kalau itu terjadi yaaaa….tidak perlu kaget. Walaupun sampai sekarang beritanya ngambang alias belum ada statement resmi kebenaran perselingkuhannya. Dan dari berita yang aku baca (entah ini berita benar/ hoax) mereka bercerai. Ah apa iya? hmmm…terkadang artis itu suka settingan ya. Cukup lama berita ini bertengger di tiktok dan Instagram selama bulan September.

Beritanya menjadi tenggelam setelah kehadiran si Dennise Cadel (ai namanya sama denganku. Untung beda kelakuannya ya,hiks) yang membuat pengakuan mengejutkan di podcast Dr.Richard Lee bahwa dia sudah 4 tahun menjadi pelakor dari seorang pengusaha berinisial RD suami dari presenter cantik AD.

Foto: Tribunnews.com

Gila nih doski, apa yang ada dalam pikirannya. Kalaupun berita itu benar, apa tidak mau buka aib sendiri? atau mencari sensasi?

Sejauh ini berita yang aku ikuti belum ada pernyataan resmi dari RD si suami presenter tentang kebenaran perselingkuhannya. Penasaran juga benar gak sih….karena adem-adem aja. Begitupun dengan si AD, tidak juga bersuara. Harapannya hanya berita bo’ongan saja ya. Kasihan dengan 3 anak mereka yang masih kecil-kecil. Apalagi mereka juga baru merayakan HWA alias Happy Wedding Anniversary.

Baca juga: Divorce Terbaik?! Daripada Diselingkuhi

Belum selesai cerita Dennise cadel ada lagi kisah gila KDRT yang dilakukan oleh Rizky Billar pada istrinya Lesty Kejora. Kembali, jujurly aku kurang begitu mengikuti artis muda seperti siapa Lesty dan Rizky. Tetapi menjadi menarik ketika dengan sadisnya Rizky mencekek, membanting Lesty dan kekerasaan lainnya gara-gara katanya Lesty mengetahui suaminya selingkuh.

Awalnya aku berpikir paling ini cerita sensasi saja biar melejit namanya. Apalagi saat ini persaingan artis semakin ketat. Walaupun artis tersebut berprestasi dari ajang pencarian lomba tetapi kalau ada artis lain yang buat berita sensasi ya tenggelam juga. Bahkan media memblow-up berita yang punya daya jual. Entah itu benar/tidak.

Jadi ingat artis Nikita Mirzani. Awal dulu jadi artis (yang bukan siapa-siapa) tiba-tiba hadir di depan awak media kalau dia dipukulin sama kekasihnya yang vokalis band. Darisitu awalnya Nikita ngetop bukan karena prestasinya tetapi sensasi yang ditebarkan. Ini menjadi daya tarik sendiri untuk masyarakat kita untuk mencari tahu berita selanjutnya.

“Dennise itu benar gak sih si Lesty di cekik suaminya?”, tanya Tia saudaraku ketika kami arisan keluarga.

“Sepertinya benar ya. Kemarin aku lihat di Detik.com Lesty pakai penyangga leher”, ucapku

Foto:detik.com

“Ah gila ya itu si Rizky, keluarga muda sudah melakukan penyiksaan pada istrinya. Tetapi memang artis tuh banyak yang kawin cerai ya. Rumahtangganya banyak yang berantakan”

“Sebenarnya bukan artis saja say. Orang biasa juga banyak bahkan lebih gila juga banyak. Ada malah yang istrinya di bakar hanya karena sang istri murka karena suaminya selingkuh. Bedanya artis itu’kan public figure kehidupannya disorot. Sementara kalau orang biasa mengalami KDRT tidak mempunyai daya jual. Menjadi konsumsi umum jika beritanya viral. Dan terpenting artis juga manusia, ketika hidupnya mendapat perlakuan yang tidak wajar maka dia akan berontak”

Baca juga: Kenali Sifat Suami yang Menyebalkan!

“Kasihan ya anaknya Lesty, masih kecil. Aku secara pribadi lebih baik Lesty bercerai daripada sakit hati. Sudah selingkuh dapat KDRT lagi. Tapi kasihan anaknya tumbuh menjadi anak broken home”, ucap Tia

“Ya hidup ini memang tidak bisa memilih. Maunya semua orang itu sepanjang hidupnya bahagia. Tidak alami kesusahan terutama bathin. Tetapi rasanya di dunia ini tidak ada manusia yang tidak punya masalahkan?! dari masalah yang ringan sampai yang maha berat”, ucapku.

Jadi ingat cerita beberapa puluh tahun yang lalu. Sekitar 30 an deh, tanteku adalah korban KDRT suaminya karena suami ketahuan berselingkuh dengan sekretarisnya. Bukan sekedar selingkuh tetapi hingga menghasilkan anak. Tante yang saudara sepupuan dengan mamaku hancur banget. Apalagi saat perselingkuhan terjadi anak-anaknya masih butuh banyak biaya. Benny si sulung masih SMP, Vike adiknya kelas 6 SD dan si bungsu Rere kelas 3 SD.

Baca juga: Waspada! Wanita Mudah Alami Depresi

Tante yang selama ini hanya ibu rumahtangga saja alias mengandalkan pemberian suami terpaksa mau tidak mau harus berjuang untuk kelangsungan hidupnya bersama 3 orang anaknya.

Ingat dulu Benny sepupuku lagi masih kecil kalau ditanya, “Ben cita-citamu apa dek?”, tanyaku

Dokter Anak

“Loh kok mau jadi dokter anak dek. Gak mau jadi insinyur atau pengusaha”

“Aku tuh kagum kak dengan dokter anak. Dulu tuh ya aku kalau setiapkali sakit disentuh dr.Taura pasti sembuh. Penyakit apa saja kak, batu pilek, demam. Dokternya cuma tanya-tanya aku sakit apa. Ingat deh dulu kata mama aku tuh sulit makan. Lebih sering tutup mulut dan pilih-pilih makanan. Karena segala cara dilakukan mama tetapi tidak mempan akhirnya mama konsultasi dengan dr.Taura. Ha…ha…ha…gak lama kemudian, aku malah jadi endut…karena suka makan. Jadi dari situ aku bercita-cita jadi dokter anak. Biar bisa bantu para orangtua mengatasi masalah anak dimasa pertumbuhannya”

Seringkali para anak korban broken home tidak berani bermimpi untuk menggapai cita-citanya. Bayang-bayang kelabu hancurnya keluarga menjadi momok untuk mereka bangkit. Dan tidak sedikit yang menyakiti dirinya untuk sekalian hancur.

Hello….kamu yang diluaran sana,

Kita tidak bisa memilih nasib kita menjadi apa. Terkadang badai itu datang memporak porandakan cita-cita yang sudah diuntai. Namun, bermimpilah setinggi-tingginya. Jadikan masalalu sebagai pecutmu untuk bangkit dan berhasil. Tunjukan pada dunia, kamu bisa sukses walaupun berada di lingkup keluarga yang hancur dan tidak utuh. Semangat yaaaa…menggapai cita-cita (D/s)

82 thoughts on “Anak Broken Home Bisa Sukses,Why Not?”

  1. Aku lihat berita yg beredar tuh berasa ngos-ngosan ada aja berita yang bikin kaget, dan mau nggak mau meskipun cuma nonton sekilas, pasti mikir, “Ntar anaknya gimana?”, “Kasihan anaknya”. Tapi ya balik lagi, namanya juga hidup seseorang nggak bisa nebak, doa yg baik untuk anak-anak yg masa depannya masih panjang

    Reply
  2. Aku udah lama banget gak kepoin berita artis, apa aja, karena ga pengen tahu, dan ga penting juga buatku. Kalau ada berita melintas di layar hp, berita artis ya khususnya, aku skip semua. Tapi kali ini, yang kasus Lesti itu, jariku berhenti. Ga mau lewatin. Jadi baca. Jadi tahu. Sedih rasa hati baca beritanya, karena dia disakiti fisik. Taruhlah hati, ini badannya juga. Banting dan cekik itu sadis, kelakuan psikopat :(((

    Semoga semua doa baik untuk anaknya, juga korban, dikabulkan Tuhan. Aamiin.

    Reply
  3. ketiga pelaku perselingkuhan ini sih buatku memang gak heran, karena track record mereka juga. Aku dulu bekerja di media, sampai sekarang masih suka ngobrol dengan teman-teman media juga karena masih dalam 1 grup WAG. Ya memang gitu sih kehidupannya, ada yang sudah menutup mata dengan kelakuannya. Tapi lagi-lagi wanita sangat dirugikan sekali ya mak.

    Reply
  4. iyaa bisa banget mba, moga nggak ada stigma kayak gitu lagi ya. Keluarga yg broken home bisa sukses. Sedih banget masih banyak yg KDRT, traumanya itu ke istri dan anak. Banyak jg yg bertahan karena tidak punya penghasilan akhirnya yaaa dihadapi terus menerus.
    semoga anak2 kita juga dijauhkan dari yg demikian ya mba, amiin

    Reply
  5. huhu … mengapa beradu sensasi, bukannya malah berprestasi

    btw, aku baru tahu yang reza arap dan pelakor tadi itu. ampun deh yaa segala cara bisa dilakukan supaya naik daun. *eh kok kayak ulet.

    Reply
  6. Mbak Denise, tadinya aku juga tidak tahu siap Lesti dan Billar. Gara-gara rame tentang KDRT jadi deh searching tentang mereka. Oh mereka ternyata emang artis baru ya, belum masuk di lingkup radarku. Dan miris membaca luka yang dialami Lesti akibat dapat kekerasan dari orang yang dulu pernah mengatakan cinta kepadanya. Yah anak mereka masih kecil. Kalau benaran kejadiannya, imposible ya mbak meneruskan rumah tangga. Karena gak ada jaminan bahwa Bilar akan insaf dari ringan tangannya. Kekerasan itu berasal dari karakter soalnya. Dan karakter sulit berubah. Kalau mereka cerai, semoga saja anak mereka tidak jadi anak broken home ya…

    Reply
  7. Kaget banget sih pas denger berita tentang Lesti, kukira awalnya cuma boongan, wong mereka terlihat sangat mesra saat tampil di teve. Semoga keluarga kita dan anak keturunan semuanya vahagia dunia akhirat. Dijauhkan dari hal hal yang menyakitkan.

    Reply
  8. Aku tahu tiga berita itu semua dari twitter, bikin sedih terutama si Lesti meski nggak pernah ngikuti berita artis juga. Kalo aku bilang sih RB itu psikopat, ngeri juga dia sampai mencekik leher istrinya, biar gak bisa nyanyi atau mau bunuh ya. Semoga Lesti lekas membaik kondisi fisik dan mentalnya. Kalo anaknya aku yakin bakal dapat banyak kasih sayang dari keluarga besar ibunya

    Reply
  9. Berita perselingkuhan akhir-akhir ini banyak menghiasi sosial media ya mbak
    Aku miris banget dengernya
    Perselingkuhan itu punya dampak yang dahsyat bagi tumbuh kembang anak
    Tapi bukan berarti anak broken home tidak bisa meraih kesuksesan ya

    Reply
  10. Subhanallahu..
    Ini masyarakat Indonesia jadi tahu seluruh “luka” karena menjadi konsumsi publik nih.. bagian yang tersedih memang selalu anak sih yaa..
    Rasanya ingin sekali mengatakan “Bercita-citalah setinggi langit” namun langit mana yang ingin digapai kalau bumi yang dipijaknya saja gak pernah tenteram tenang dan damai?

    Semoga semuanya kembali lagi berpikir jernih sebelum melakukan.
    Bukan hanya sebatas “bisa adil”, tapi bagaimana dengan “rasa” yang gak bisa ditakar kadar keadilannya?

    Kak Dennise sukses bikin aku mengeluarkan uneg-uneg selama ini.
    Bener banget, sudut pandang kak Dennise dalam membahas berita akhir-akhir ini yang sedang viral.

    Reply
  11. Aku ga ngikutin gosip2 artis sejak lama males aja liat kelakuan artis Indonesia yg mostly cuma.pinter jualan sensasi tp ga ada bakat. Baru ngeh ada berita KDRT yu ya karena beritanya sampe di bahas di acara berita biasa gtu. Ga habis pikir kalo ada suami tega KDRT gtu moga aja si Rizki dihukum seberat2nya ya

    Reply
  12. Banyak istri yang hanya pasrah dari KDRT karena stigma. Takut jadi omongan orang. Takut dianggap aib. Takut dianggap menyiksa hati anak karena sudah menjadikannya anak broken home. Dan banyak ketakutan lain.

    Jadi seolah-olah KDRT tidak lebih menakutkan dari segala stigma itu. Memang butuh keberanian untuk melawan. Karena kalau hanya pasrah menurut saya udah kayak menyimpan ‘bom waktu’. Anak belum tentu tetap bahagia kalau melihat orangtuanya bermasalah

    Reply
  13. Eh baru tahu Reza Arap ada keturunan tionghoa, aku agak serem lihat penampilannya hehe.. Soal broken home memang nggak mudah, kalau anaknya pas dewasa nggak mau sembuh, ya susah pas nikah. Aku juga broken home dulu, nggak sampai cerai tapi kdrt terus di rumah, sedikit banyak mempengaruhi, untungnya pengen sembuh dan paksu juga mengalah. Yang pasti ego tinggi anak broken home. Tapi nggak mungkin nggak bisa sukses, tergantung tekad dan kemauan juga hehe..

    Reply
  14. Aku suka buka sih TIktok tapi gak terlalu niat berlama-alam, biasanya kalau ada waktu aja. Nah kasus selebriti aku agak telat tahu infonya nih mbak. Heran ya berani buka-buka aib gitu.
    Kita boleh bermimpi & memang haru spunya mimpi supaya punya tujuan hidup ya mbak

    Reply
  15. Saya malah baru tahu semua berita hits di sosial media itu ya baca disini. Tapi bagus juga. Saya baca artikelnya makin semangat, secara semuanya kabar baru buat saya, hehehe…

    Reply
  16. Kadangkala, framing masyarakat terhadap anak-anak yg besar di keluarga broken home ini sungguh kejam. Framing yang seringkali malah memojokkan anak, sehingga membuat mereka tidak berani bercita-cita lebih tinggi dari apa yang mereka mampu

    Reply
  17. Kak Dennise sukaak deh mampir kesini selalu update berita yg lagi hits.
    Artis tuu kadamg banyak pemcitraan kak Den,,,itu Leslar beli kapal ternyata hanya diendorse.
    Belum lagi kado ultah tas mahal dr suaminya ternyata cicilan yg nayar istrinya

    Reply
  18. bisa bangeet ya mba.. yang penting memang komunikasi dan juga pendampingan . anak – anak itu perlu perhatian dan TLC, selalu.. Btw, aku ngga ikuti beritanya..walaupun memang heboh di mana – mana ya hehe

    Reply
  19. Sebulan ini rasanya disuguhi berita berita yang… Ya ampun banget ya mbk. Semua perselingkuhan dan yang bikin ngenes itu yang KDRT. Sedih banget kalo memang beneran sampai dibanting 🙁

    Reply
  20. Dunia perselingkuhan, buat mual saja bacanya…

    sekali lagi yang jadi korban ya anak-anak, ya kalau cerai – anak jadi anak broken home – mereka korban tapi mungkin lebih baik daripada pukul memukul atau maki memaki ya Dennise?

    Ga ada bagus bagusnya baca berita mereka bertiga – maluuu gitu bacanya

    Reply
  21. Kak Denise aku malah tau nya ttg Lesti – billar ajh, kl berita yg 2 itu malah ga tau hahaha kurang update ternyata aku kak. Btw dunia makin tua ya kak, kok ada aib yg di umbar-umbar kek gitu.

    Reply
  22. Hehehe bacanya seru soal berita yang lagi viral. Anak broken home banyak kok yg sukses, kompromi dengan diri sendiri, memaafkan dan memaklumi orang tua yang divorce, insya Allah sukses dunia akhirat

    Reply
  23. Masuk usia kepala 3, berita dari kenalanku juga kebanyakan tentang perpisahan Kak. Kebanyakan karena ada yang berselingkuh. Sedih juga dengarnya. Tapi bahagia ketika teman-temanku memilih berpisah dan terlihat jauh lebih bahagia saat ini bersama anaknya. Insyallah mereka tumbuh dengan bahagia dan menemukan sosok ayah/ibu lain nantinya.

    Reply
  24. Setiap kelaurga pasti punya masalah ya, Mbak. Salah satunya memang perpisahan orang tua. Kalau perpisahan baik-baik, bukan karena masalah selingkuh, pasti hubungan orang tua akan terus baik, tapi kalau ada salah satu yang terluka, memang agak sulit. Dan korbannya adalah anak-anak. Jadi tetap peran orang-orang terdekat mereka, bagaimana terus memberi semangat anak-anak tersebut untuk terus semangat menggapai cita-cita untuk hidup lebih baik.

    Reply
  25. Setiap kelaurga pasti punya masalah ya, Mbak. Salah satunya memang perpisahan orang tua. Kalau perpisahan baik-baik, bukan karena masalah selingkuh, pasti hubungan orang tua akan terus baik, tapi kalau ada salah satu yang terluka, memang agak sulit. Dan korbannya adalah anak-anak. Jadi tetap peran orang-orang terdekat mereka, bagaimana terus memberi semangat anak-anak tersebut untuk terus semangat menggapai cita-cita untuk hidup lebih baik. Aamin.

    Reply
  26. Kalo menurut aq terlepas dari keluarga broken home atau nggak, kalau si anak punya kemauan dan usaha pasti ada jalan menuju kesuksesan. Emang bener, dukungan keluarga itu penting, tapi niat dan usaha juga nggak kalah penting. (Curahan hati dari aq, si anak broken home 😊)

    Reply
  27. Dulu waktu SMP temenku ada yang broken home, tapi kerennya dia bisa berprestasi di sekolah. Jadi memang kesuksesan tidak dilihat dari keluarga mananya ya kak

    Reply
  28. hihihi saya lihat tuh video Dennise cadel dan Ayu Dewi dengan judul2 bombastis bersliweran di YouTube
    Karena saya “pengamat Youtube” wkwkwkwk …..dan sedang asyik ngikutin pencalonan Anies Baswedan, Tragedi Kanjuruhan dan KDRT terhadap Lestie

    Pingin banget nulis khusus tentang KDRT ini

    Reply
  29. Aku punya beberapa teman anak broken home jadi kayak stuck in a moments gitu deh, jadi intinya baik ya gak jahat juga gak kayak bingung gitu, tapi selama berteman baik sama aku ya aku baik juga sama dia.

    Reply
  30. Aku juga heran kenapa ada stigma seperti itu. Tapi makin ke sini sepertinya semakin berkurang deh. Soalnya perceraian juga banyak dan bahkan karena hal sepele. Jadi sama sekali nggak ada hubungannya sama kesuksesan anak. Dan kita juga sering diedukasi tentang toxic relationship. Hal itu bikin mengurangi nge-judge sih

    Reply
  31. Ihh aku gemess baca berita selebriti, ditambah media yg bikin berita menggiring opini panas, dan komenan netijen yang bikin geleng kepala.

    Aku sekedar tau kasus mereka tapi gak ngikutin lebih dalam karena gak penting juga buatku. Semoga urusan mereka segera menemukan jalan keluar yang baik dan kembali hidup bahagia

    Reply
  32. Stigma “gagal” yang udah kadung nempel di keluarga yang orang tuanya bercerai ini masih kuat banget. Aku juga kadang menilai kalau berpisah itu keputusan yang buruk. Tapi kembali lagi, kalau anak sampai mengalami trauma karena orang tuanya bertengkar terus menerus, rasanya nggak adil untuk membuat mereka juga ikut bertahan pada situasi tersebut. Kesempatan untuk punya kehidupan yang lebih baik selalu terbuka. Kita sebagai teman/keluarga sudah sepantasnya menjadi support system no 1 apabila itu terjadi di circle terdekat kita.

    Reply
  33. Saya jadi ingat dulu punya teman dimana orang tuanya bercerai. Pdhal kedua orang tuanya termasuk sukses sebagai akademisi di bidang pendidikan. Walau teman saya ini baik dan beretika namun memang sempat linglung juga dalam pergaulan dan berakhir tidak lulus kuliah. Sekarang dia hidup tenang bersama ketiga anaknya dan suami yang sudah meninggal. Memang ortu bercerai sedikit banyak memengaruhi sikap anak ketika bergaul di masyarakat

    Reply
  34. Walaupun banyak penelitian yang menyebutkan bahwa anak broken home akan sulit sukses, karena proses sosialisasi tidak sempurna dari keluarga yang bercerai, ada juga kok anak broken home yang sukses
    Kesuksesan juga tergantung dari usaha dan doa yang kita lakukan ya mbak

    Reply

Leave a Comment