Multilevel Marketing,Haram? Cek Dulu Disini

Foto: dokumentasi pribadi

Hai bestie,

Apa kabar? semoga kalian aman dalam perlindungan Tuhan yang Maha Esa ya. Terutama kesehatan terjaga. Sehat itu mahal loh! Prinsip saya gak papa hidup sederhana yang penting sehat daripada banyak uang tapi sakit-sakitan. Walaupun ada duit untuk berobat mana enak sih sakit…

Saya termasuk orang yang jarang sakit untuk kurun waktu 2 tahun ini Puji Tuhan kondisi tubuh sehat. Jadi ingat deh diawal tahun ini kedua putri saya mengalami covid. Pertama kakak Rachel selama 10 hari isoman. Parahnya covid + typus. Selesai sembuh si kakak 5 hari kemudian lanjut si adek Glory mengalami Covid juga. Keduanya saya urus secara bergantian.

Ada cerita lucu disini. Jadi beberapa teman yang tahu anak terkena Covid, mereka bawelen saya bilang begini:

“Dennise seharian kamu di rumah harus pakai masker ya, jangan lepas. Itu virus bisa kena loh!”

“Loh kalau anak di dalam kamar saya diluar aman dong. Saya gak perlu pakai masker. Kecuali face to face baru pakai masker.Engap tahu…”

“Kamu nih bandel ya kalau dibilangin. Nanti kalau kena baru tahu. Itu virus diam-diam bisa datang. Gak ngomong-ngomong dulu alias tanpa gejala”, ceramah sahabatku Inge. Saya tahu maksudnya baik, ya saya angguk-angguk saja.

Jadi saat itu prinsip saya berpapasan dengan anak pakai masker, tetapi saat anak-anak isoman di kamar sendiri saya diluar tidak pakai masker. Puji Tuhan hingga anak-anak sembuh saya aman dalam perlindunganNya. Terpenting saya tetap jaga imun tubuh dengan makan sehat, cukup istirahat, perbanyak makan sayur- buah dan vitamin. Yang terakhir ini penting banget.

Cerita Vitamin,

Adalah seorang teman SMA, Fitri namanya yang bekerja di sebuah perusahaan Multilevel Marketing (MLM) yang khusus main ke rumah menawarkan produk.

“Vitamin ini bagus loh Dennise. Menjaga daya tahan tubuh, terutama dimasa pandemi seperti sakarang ini tidak cukup hanya mengasup dari makanan, lauk pauk, sayuran dan buah saja tetapi tambahan vitamin C, D itu sangat penting”

“Aman?”

“Pastinya aman dan halal dong”, ujar Fitri

“Kamu kok tahu itu halal darimana?”

“Kan ada sertifikat halalnya. Dengan adanya sertifikat ini masyarakat tidak perlu ragu lagi untuk memakai produk MLM. Karena kalau aku cerita di mulut saja HALAL mungkin orang tidak percaya. Tetapi dengan adanya sertifikat itu sudah jelas HALALnya karena ada bukti tertulis”

Baca juga: http://www.kisahsejati.com/2021/12/pentingkah-halal-produk-dan-sertifikasi.html

Nah hal senadapun diungkapkan oleh DR.Moch.Buchori Muslim,Lc,MA (Ketua Bidang Industri Bisnis dan Ekonomi Syariah DSN-MUI) dalam acara Talk Show APLI yang diselenggarakan pada tanggal 24 Juli 2022. Acara yang bertajuk MLM: Aman? menghadirkan: Bapak Buchori, Ina Rachman, SH,MH (Sekjen APLI) dan Kenny V Soemantoro (ketua APLI).

Foto: Instagram @APLI.ind

Acara yang dipandu oleh bapak Mulyaharja di hari pertama perhelatan APLI EXHIBITION ini menghadirkan Pak Buchori yang memang pakarnya dibidang HALAL dan Syariah. Pembicara yang humble dan senang menyelipkan cerita lucu disela-sela pembicaraannya bercerita pada audience yang hadir:

“Apa itu Halal? Apakah kita bisa bercerita bahwa sebuah produk itu halal tanpa bukti? orang mana percaya. Sama halnya saya bilang Mbak Ina Rachman itu sudah halal jadi istri orang. Nah darimana buktinya? ada surat pernikahan yang menyatakan Mbak Ina sudah menikah dan tentunya halal. Demikian juga sebuah produk dinyatakan halal. Tidak perlu kita susah-susah mengucapkan, produk ini halal, aman. Penting banget dengan pembuktian. Bagaimana caranya? ya, harus didaftarkan secara resmi untuk mendapatkan sertifikat halal”

Apa Untungnya Sertifikat Halal:

Meyakinkan Konsumen

dengan adanya legalitas halal, masyarakat tidak ragu lagi untuk mengkomsumsi/ memakai produk yang sudah tersertifikasi halal.

Meningkatkan Omzet

Ini tentunya sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis seperti MLM termasuk juga para pelaku UMKM. Dengan tidak adanya keraguan lagi di masyarakat tentunya keinginan untuk membeli produk akan meningkatkan omzet.

Lebih lanjut lagi pak Buchori yang juga biasa dipanggil dengan sebutan pak Kiai ini bahwa syarat untuk sertifikat Halal adalah sistemnya harus sesuai dengan syariah. Dalam jaringan itu tidak boleh:

  •  Fasih income yaitu orang dibawah bekerja, atasannya tidak bekerja 
  •  Tidak boleh ada horor yaitu pemberian bonus yang tidak jelas,harus jujur dalam berbisnis
  • Sistem tidak boleh mengandung riba
  • Tidak boleh ada yang diakal-akalan
  • Money Game

Terlihat sulit?! tentunya tidak bagi mereka yang ingin perusahaan MLM dipercaya HALAL tentunya tahu cara mendapatkan keuntungan tanpa harus melakukan 5 point seperti yang disebutkan diatas.

Tentang MLM baca juga disini: http://www.kisahsejati.com/2021/12/implementasi-new-normal-pada-industri.html

Sumber: youtube Dennise Sihombing

Tentang APLI

Tak kenal maka tak sayang. Untuk Anda yang belum mengenal APLI apa sih? APLI singkatan dari Asosiasi Penjual Langsung Indonesia. Ini suatu organisasi yang merupakan wadah persatuan dan kesatuan tempat berhimpun para perusahaan penjualan langsung (Direct Selling/DS), termasuk perusahaan yang menjalankan penjualan dengan system berjenjang (Multi Level Marketing/MLM) di Indonesia.

Foto: dokumen pribadi

Saat ini APLI yang sudah berusia 38 tahun mengupayakan perkembangan usaha anggotanya untuk mempersiapkan menghadapi persaingan yang ketat dengan akan banyaknya perusahaan baru bermunculan, dan diringi upaya APLI terus mengangkat citra dan nama baik industri DS/MLM yang benar.

Oh ya Bestie,

Ada informasi menarik seputar perhelatan APLI EXHIBITION yang diselenggarakan dari tanggal 24-26 Juli 2022. Acara yang digelar di Pasaraya Blok M ini terbuka untuk umum dan gratis. Oh ya kalian jangan sampai tidak datang ya, karena banyak tenant yang hadir. Sebut saja kosmetik Oriflame, Anda mampir kesana cukup follow IG nya dan APLI tentunya, buat caption menarik di IG ada hadiahnya loh. Ada kuas alis, penjepit bulu mata, tote bag dan ada juga bantal lembut yang lucu.

Tidak itu saja, banyak juga tenant lain yang memberikan hadiah. NU Skin, Herbalife, Milagros, FKC Indonesia dan masih banyak lagi. Berbagai produk ditawarkan dengan harga pameran (yang tentunya kita ketahui lebih murah ya), dilayani dengan ramah, ada hadiah (salah satunya lipstik) dan ada icip-icip minuman sehatnya juga.

Foto: Me & Oriflame

Bestie terpenting lagi nih APLI EXHIBITION terselenggara berkat kerjasama dengan Indonesia Women IT Awareness( IWITA). Menurut founder IWITA Ibu Martha Simanjutak, S.E, MM ini adalah event ke-3 kerjasama IWITA dengan APLI.

IWITA adalah Organisasi Perempuan Indonesia Tanggap Teknologi Informasi yang berdiri 9 April 2009 sebagai organisasi berbadan hukum yang memiliki ‘positioning’ mencerdaskan Perempuan Indonesia melalui Teknologi Informasi.

My Bestie, di follow ya IG IWITA @iwitacreative dan APLI @apli.ind

Foto: bersama founder IWITA ibu Martha Simanjutak

32 thoughts on “Multilevel Marketing,Haram? Cek Dulu Disini”

  1. Betul mbak, kalau ada sertifikat halal jadinya lebih tenang dan percaya dibanding hanya berkoar-koar produknya halal. Hehe. APLI EXHIBITION berarti masih ada sampe besok aja ya mbak, kalau pas ada sekitaran pasaraya Blok M bakalan meluncur ke sana.

    Reply
  2. setuju, MLM sangat membantu mereka yang mau berbisnis tanpa modal besar

    upline akan membantu downline, mendampingi mereka hingga mampu berdiri dan merekrut downline

    karena itu sampai sekarang, jika ada waktu, saya pasti menulis oriflame dll kemudian meminta yang berminat menghubungi instagram pegiat bisnis tersebut

    Reply
  3. Memang soal MLM ada beberapa perbedaan pandangan ulama. Tapi status halal ini juga membantu meyakinkan utk memilih ya mbak, antara mau terjun ke dunia MLM atau gak.
    Wah mbak Denise keluarganya pernah kena Covid, moga selanjutnya sehat2 selalu ya mbak 😀

    Reply
  4. Setuju banget Kak Dennise. Masalah halal bukan hanya sekedar sertifikat saja tapi juga bagaimana bisnis itu dijalankan secara halal juga. Jadi keutuhan arti halal harus dipahami bukan hanya dari produknya, tapi termasuk bagaimana distribusi dan sistem perdagangan tersebut dijalankan.

    Bagus banget event seperti ini ya Kak. Membuka wawasan dan pemahaman kita akan makna halal dari hulu ke hilir

    Reply
  5. Jadi ingat waktu pertama kali tau sistem MLM ini, yang awal ditanyakan pasti deh halal apa enggak, udah terdaftar APLI apa belum, itu indikator paling utama yang harus diketahui, karena bikin tenang, kalau manfaat produknya pastinya kan variatif

    Reply
  6. Acara APLI EXHIBITION ini rutin diadakan setiap tahun yaa, kak Dennise?
    Aku percaya banget sih kalau segala sesuatu yang halal itu kembali lagi pada manusianya. Hidup sehat dan yang terpenting berkah.
    Dengan adanya sertifikat halal, jadi sebagai produsen bisa membuktikan dan konsumen merasa nyaman ketika menggunakan produk tersebut.

    Reply
  7. Aku paling takut kalau ikut MLM karena faktor kehalalan ini. Ternyata ada juga ya MLM yang halal. Aku baru tahu kalau MLM juga pakai sertifikat untuk masalah legalitas halal. Jadi reminder diri sendiri nih. Kalau mau ikutan MLM harus tanya sertifikat halalnya dulu. Biar tenang.

    Reply
  8. Sejak kuliah nggak berani ikut MLM karena memang bukan kecenderungan untuk berbisnis atau mempromosikan produk tapi dengan ilmu ini semakin banyak informasi yang baru aku dapatkan

    Reply

Leave a Comment